Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Yang Menjadi Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

Hal Yang Menjadi Penyebab Baterai  Smartphone Cepat Habis

Analisyuki - Baterai smartphone yang bocor adalah salah satu permasalahan yang kerap dirasakan beberapa pengguna. Tetapi kadang pengguna kurang mengerti jika rutinitas yang dikerjakannya menjadi pemicunya.

Menurut Wildan Mukholad, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Elektroniks Indonesia, ada empat empat rutinitas yang bikin baterai HP cepat bocor.

"Dengan rutinitas harian yang padat dan sering menuntut supaya kita masih tetap produktif, beberapa rutinitas kita saat memakai handphone tanpa sadar malah bikin batterynya jadi mudah bocor atau cepat habis," kata Wildan.

Baca Juga : Cara Mengganti Nama Account di Windows 10

1. Nge-charge dengan kurang bijaksana

Salah satunya kesalahan yang harus dijauhi supaya baterai masih tetap tahan lama ialah memakai HP sembari nge-charge, karenanya akan membuat perangkat panas. Bila dilakukan terus-terusan, baterai handphone akan berusia pendek dan cepat bocor.

"Sebaiknya, saat cas perangkat, cukup gunakan handphone sekedarnya atau bila ada keperluan genting saja. Biar semakin aman, kamu dapat matikan handphone saat dicas. Apa lagi, sebenarnya kamu tidak perlu menanti lama saat mengecas handphone karena sekarang ini telah ada tehnologi fast charging, seperti Galaxy M53 5G yang diperlengkapi fitur 25W Super Fast Charging yang dapat mengisi nyaris 50% cuma dalam 30 menit, sehingga kamu dapat cepat menggunakan handphone kembali sesudah dicas," ucap Wildan.

Disamping itu, beragam study memperlihatkan jika isi baterai handphone sampai 100% sebagai rutinitas yang kurang tepat. Untuk perpanjang umur baterai, sebaiknya mengecas saat baterai perangkat telah sentuh angka 30% dan stop mengecas di range 80%-85%.

Beberapa handphone, seperti Galaxy M53 5G, telah mempunyai peranan proteksi baterai yang bila diaktifkan akan automatis batasi pengisian daya cuma sampai 85% . Maka, kamu tidak perlu ribet bolak-balik untuk memeriksa telah berapakah % baterai kamu terisi. Ini langkah gampang untuk aktifkan fitur proteksi baterai:

  • Membuka Settings
  • Pilih Baterai and device care
  • Pilih Baterai
  • Pilih More baterai settings
  • Aktifkan toggle di samping fitur protect battery

2. Instal aplikasi asal-asalan

Sebaiknya kamu selalu waspada saat ingin instal aplikasi. Karena aplikasi yang kita unduh bisa mempengaruhi performa HP.

Hindarkan mendownload program selain dari platform yang sah seperti Google Play Store karena bisa menyerang mekanisme operasi yang membuat HP jadi lelet bahkan juga lakukan ping lokasi terus-terusan yang dapat membuat baterai cepat habis.

Disamping itu, kamu perlu menghindari program penghapus memory atau penghemat baterai dari faksi ke-3 karena beberapa dari program tipe itu yang malah mengonsumsi banyak memory dan mengusik fungsi HP.

3. Tidak memperhatikan penggunaan aplikasi

Jalankan banyak program secara berbarengan sebagai hal berikutnya yang dapat bikin baterai HP jadi cepat terkuras. Sebaiknya kamu rajin-rajin tutup aplikasi yang berada di task manajer untuk memudahkan performa HP dan mengirit daya perangkat.

Disamping itu, kamu bisa juga memeriksa program apa yang sebetulnya sembunyi-sembunyi sedang jalan tanpa terlihat di tampilan HP.

Untuk menonaktifkan aplikasi apa yang kamu jarang gunakan untuk menghemat pemakaian baterai, kamu dapat ikuti beberapa langkah mudah berikut:

  • Membuka Settings
  • Pilih Baterai and device care
  • Pilih Baterai
  • Pilih Background usage limits

Aktifkan toggle dari sisi fitur Put unused to sleep. Kamu bisa juga masuk pada menu Sleeping apps atau Deep sleeping apps untuk tentukan program yang ingin tidak diaktifkan saat tidak dibuka

Baca Juga : Cara Lengkap Membuat Akun ShareThis dan Verifikasi di Blogger

4. Tidak gunakan dark mode

Dark mode menjadi salah satunya fitur HP yang terkenal karena mengurangi silau dari monitor yang memberikan kenyamanan lebih untuk mata. Menariknya, peranan dark mode bisa juga kamu optimalkan untuk mengirit baterai, terutamanya pada HP dengan monitor AMOLED.

Masalahnya saat tampilkan warna hitam, karena itu monitor AMOLED akan mematikan pikselnya yang membuat konsumsi daya dari monitor menyusut. Ini langkah mengaktifkan fitur dark mode:

  • Membuka Settings
  • Pilih Display
  • Pada bagian menu paling atas, pilih Dark

Admin
Admin Hanya seorang blogger yang malas menulis

Posting Komentar untuk "Hal Yang Menjadi Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis"