Skip to main content

Manfaat Daun dan Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun dan Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Pepaya (Carica Papaya L) adalah tumbuhan yang berasal dari wilayah amerika selatan dan meksiko,  pohon tanaman ini berbatang basah, tumbuh tegak, daun tersusun rapat, tangkai daunnya berongga, buah dagingnya berair, berwarna kuning orange dan tumbuh di daerah tropis.

Di Indonesia tanaman ini biasa dijadikan sayur pada buah yang belum matang atau bisa dikonsumsi langsung pada buah yang sudah matang, biasa disajikan dalam bentuk jus, es buah dan rujak. Di berbagai wilayah tanaman ini memiliki banyak sebutan seperti, betik (Sumatera), gadang, kates (Jawa) dan hango (Busa Tenggara).

Secara tradisonal maupun ilmiah daun dan buah tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk pengobatan, baik untuk melacarkan pencernaan, menurunkan kolesterol tubuh dan banyak lagi.

Secara umum Pepaya mengandung zat-zat berikut:

  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • kalsium

Manfaat Daun dan Buah Pepaya untuk Kesehatan

1. Menurun Demam

Perlu diketahui bahwa daun pepaya memiliki rasa yang cukup pahit, rasa pahit pada daun pepaya tersebut karenakan didalamnya mengandung senyawa alkaloid karpain (C14H25NO2). Senyawa tersebut berguna sebagai penurun demam.

2. Anti Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dan dan buah pepaya dan dikembangkan untuk mencegah penyakit kanker. Kandungan Milky lateks atau getah putih seperti susu yang terdapat pada tanaman tersebut yang dapat membantu untuk melawan sel-sel penyebab kanker.

3. Melancarkan ASI

Manfaat lain pada daun pepaya adalah dapat digunakan untuk melancarkan air susu ibu. Daun pepaya ini menurut kepercayaan nenek moyang ini dapat memperlancar pengeluaran ASI.

4. Bahan Perawatan Kulit

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin A yang berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kulit seperti jerawat, kulit kering, keriput dan mengatasi sel kulit mati.

Vitamin A dan papain yang terkandung dalam buah pepaya memberikan manfaat untuk membunuh sel-sel kulit mati dan meregenerasi sel-sel kulit agar dapat berjalan dengan baik.

5. Membantu Melancarkan Pencernaan

Bagi kalian yang mengalami masalah pencernaan atau sulit buang air besar, kalian bisa memanfaatkan buah pepaya tersebut. Pepaya mengandung senyawa karpain baik itu pada buah dan daunnya yang berkhasiat untuk membunuh mikroorganisme yang sering menyebabkan fungsi pencernaan terganggu.

Walaupun daun pepaya mengandung karpain, namun yang sering digunakan bagi pengobatan untuk melancarkan pencernaan adalah buah pepaya itu sendiri atau dengan kata lain lebih efektif.

Itulah tadi manfaat dari daun dan buah pepaya yang berkhasiat sebagai pengobatan. Meskipun menyimpan berbagai manfaat, perlu kalian ketahui bagi kalian yang sering mengkonsumsi pepaya agar tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, cukup dipakai sewajarnya agar tidak membahayakan bagi tubuh.

Demikianlah tadi Manfaat Daun dan Buah Pepaya bagi Kesehatan Tubuh. Semoga artikel diatas dapat menambah pengetahuan untuk kita semua, terimakasih dan salam dari analisyuki.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar