Skip to main content

Istilah-istilah dalam Farmasi

Istilah-istilah dalam Farmasi

Bagi kalian orang awam atau yang ingin belajar tentang kefarmasian, kalian mungkin perlu mengetahui beberapa istilah ini. Mungkin kalian pernah dengannya, tapi kalian tidak tau sebenarnya itu apa, misalnya tentang apa itu farmasi, apa itu reset, obat narkotika, obat bebas, obat tradisional dan lain sebagainya.

Farmasi adalah salah satu bidang profesi kesehatan yang bertanggung jawab untuk memastikan efektifitas, khasiat, keamanan dalam penggunaan obat. Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih dalam tentang farmasi ataupun obat itu sendiri, maka kalian wajib mengetahui beberapa istilah dan pengertian di bawah ini:

Istilah-Istilah Obat dalam Farmasi

  • Obat tradisional adalah obat jadi yang berasal dari bahan tumbuh-tumbuhan, mineral, hewani dan sediaan galenik atau campuran dari berbagai bahan tersebut yang khasiatnya di dasarkan pada pengalaman dan kepercayaan nenek moyang secara turun-temurun.
  • Obat paten adalah obat jadi atau obat baru yang nama obatnya dagangnya terdaftar atas nama sang pembuat obat tersebut atau dikuasakan dan diproduksi dalam bungkus asli dari pabrik yang memproduksi obat tersebut. Obat dengan hak paten biasanya diproduksi selama 20 tahun, setelah 20 tahun perusahaan lain dapat menjual obat tersebut, biasanya dengan merk yang berbeda namun memiliki kandungan dan efek yang salam.
  • Obat generik adalah obat yang dijual dan diproduksi oleh semua perusahaan farmasi yang memiliki kandungan kandungan serta zat aktif yang sama dengan dengan jenis obat paten. Obat generik ini dapat diproduksi setelah obat paten habis masa berlakunya.
  • Obat jadi adalah obat dalam bentuk tablet, pil, salap, supositoria, serbuk, cairan dan bentuk lainnya baik dalam keadaan murni ataupun campuran sesuai dengan F.I.
  • Obat wajib apotek adalah obat keras yang dapat diserahkan kepada pasien tanpa perlu resep dokter, yang diberikan oleh Apoteker di apotek.
  • Obat esensial adalah obat yang paling dibutuhkan saat pelayanan kesehatan masyarakat, yang meliputi diagnosa, terapi, rehabilitasi dan tercantum dalam Daftar Obat Esensial Nasional (DOEN).

Itulah tadi beberapa istilah dan pengertian tentang sediaan farmasi yang wajib kalian ketahui untuk menambah pengetahuan. Demikianlah tadi Istilah-istilah dalam Farmasi, semoga penjelasan diatas tadi dapat bermanfaat, terimakasih dan salam dari analisyuki.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar