Skip to main content

Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

Windows 10 merupakan windows versi terbaru dari windows sebelumnya yaitu windows 8.1. Windows 10 itu sendiri mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan versi yang sebelumnya, mulai dari segi tampilan dan fitur-fiturnya.

Walaupun mempunyai banyak fitur yang menarik ada sebagian orang yang berpendapat bahwa windows 10 memiliki loading yang lambat, baik itu pada pengguna komputer dan laptop spesifikasi tinggi maupun rendah.

Menurut pendapat saya sendiri, windows 10 sebenarnya tidaklah lambat bahkan performanya lebih baik dibandingkan versi-versi sebelumnya. Nah, bagi kalian yang ingin windows 10 nya jauh lebih cepat dan tidak lambat loading, maka simaklah tips ampuh dari analisyuki.com ini baik-baik.

Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

1. Menonaktifkan Background Apps

Salah satu faktor yang membuat windows kita menjadi lambat adalah karena adanya aplikasi yang tidak dibutuhkan berjalan di desktop kita. Untuk meringankan beban kerja pada RAM, kita perlu menonaktifkan background apps.

Background apps itu sendiri merupakan aplikasi dan fitur-fitur yang terdapat pada windows yang biasa jarang digunakan, misalnya kalkulator, map, skype, weather dan aplikasi lain yang selalu bekerja. Untuk menonaktifkannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Pada Windows cari Privacy settings > pilih Background apps > kemudian pilih Off untuk aplikasi yang tidak diperlukan.

Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

2. Menonaktifkan Starup

Bagi yang mengalami masalah saat proses booting, dimana saat menghidupkan komputer atau laptop terasa loading begitu lama, patah-patah dan harus menunggu beberapa detik agar windows dapat berjalan dengan lancar, maka itu disebabkan terdapatnya aplikasi yang berjalan pada laptop dihidupkan.

Aplikasi yang berjalan dan tidak digunakan tersebut yang menyebabkan RAM dan prosessor kita tersebut bekerja lebih keras. Untuk mengatasi hal tersebut kita hanya perlu disable beberapa aplikasi pada menu task manager tersebut, caranya sebagai berikut:

Klik kanan pada toolbar > pilih Task Manager > pilih menu Starup > pilih Disable pada aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

3. Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

Jika kalian mempunyai beberapa program yang tidak terpakai sebaiknya kalian uninstall saja, agar hardisk yang kalian miliki tidak begitu full dan dan mempercepat proses booting walaupun hanya sedikit saja. Jika kalian mempunyai aplikasi ataupun game yang sudah tidak kalian pakai lagi sebaiknya uninstall dengan cara sebagai berikut.

Cari Control Panel > pilih Uninstall program > Klik kanan dan pilih uninstall pada aplikasi yang tidak terpakai tersebut.

Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

4. Mengaktifkan Mode Best Performance

Cara ini sangat efektif bagi kalian yang ingin bermain game dengan lancar dan menghindari lag yaitu dengan mengaktifkan mode performance pada baterai laptop. Caranya cukup mudah yaitu dengan klik kiri pada icon baterai kemudian naikan ke best performance.

Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

5. Menonaktifkan Special Effect

Windows 10 dengan tampilan yang begitu keren dengan berbagai macam efek tampilan saat dibuka (transisi),tampilan teks yang halus dan berbagai fitur lainnya yang membuat tampilan windows ini begitu lebih indah.

Karena beberapa orang berpendapat bahwa efek tampilan itu tidak begitu penting, dan lebih mengutamakan kecepatan loading windows kalian bisa menonaktifkan beberapa efek visual windows ini, caranya sebagai berikut.

Pada pencarian windows, cari View advanced system setting > pada menu performance pilih Setting > pilih Adjust for best performance > pilih OK.

Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

6. Disk Cleanup

Jika mengalami masalah dimana hardisk C kalian full padahal tidak mengisi atau sudah menghapus beberapa file didalamnya, mungkin itu disebabkan anda belum menghapus cache yang ada pada driver C, untuk membersihkannya cukup mudah, yaitu dengan cara sebagai berikut.

Cari Driver Cleanup > centang semua file > kemudian pilih OK.

Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

7. Menggunakan Windows 10 32-bit

Jika kalian mengalami masalah windows 10 kalian lemot setelah install ulang, itu biasanya disebabkan karena kalian menginstall versi 64 bit bukan 32 bit. Bagi kalian mempunyai notebook dengan spesifikasi standar, seperti pentium atau intel inside, sebaiknya gunakan windows dengan versi 32 bit yang jauh lebih ringan.

Dikarenakan windows 10 versi 64 bit dikhususkan untuk para pemain game atau desain grafis yang mempunyai spesifikasi laptop diatas rata-rata saja.

8. Menghapus Virus

Spesifikasi laptop atau komputer kalian jauh lebih tinggi namun terasa berat saat menjalankan aplikasi dan game, biasanya itu disebabkan karena serangan virus atau malware. Sebaiknya bersihkan semua program dan file dengan menggunakan aplikasi antivirus ternama yang baik.

9.Upgrade Hardware

Ini merupakan cara terakhir, yaitu dengan melakukan update/mengganti perangkat keras dengan versi terbaru atau yang diatasnya. Jika laptop kalian sudah jadul untuk digunakan, sebaiknya membeli versi yang diatasnya atau cukup melakukan penambahan ram.

Sedangkan untuk pengguna komputer sendiri bisa melakukan penggantian hardware pada motherboard, processor, ram dan vga card yang lebih tinggi.

Itulah tadi beberapa tips ampuh yang dapat analisyuki.com bagikan untuk meningkatkan kecepatan windows 10 kalian agar tidak lemot dan jauh lebih ringan, demikian dan terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar