Skip to main content

Perbedaan SEO On Page dan Off Page Bagi Blog

Perbedaan SEO On Page dan Off Page Bagi Blog

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page Bagi Blog - Kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan SEO Onpage, SEO Offpage dan pengertian dari SEO itu sendiri bagi kita seorang blogger ataupun pengguna wordpress itu sendiri.

Pasti banyak dari kita yang pernah mendengar tentang SEO On Page dan SEO Off Page di dalam dunia blogger ini, mungkin banyak dari kalian yang belum tau tentang perbedaan kedua hal tersebut, atau bahkan mungkin banyak dari kalian yang tidak tau pengertian SEO itu sendiri.

SEO (Search Engine Optimizatian) adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ranking blog/website di mesin penelusuran dengan tujuan untuk mendapatkan pengunjung yang banyak di mesin penelusuran.

Untuk teknik SEO itu sendiri dibagi lagi menjadi 2 yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Nah, untuk lebih jelasnya analisyuki.com akan membahas pengertian/perbedaan kedua hal tersebut.

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page Bagi Blog

Pengertian SEO On Page

SEO On Page adalah Optimasi atau strategi SEO yang dilakukan pada bagian dalam blog/website, atau dengan kata lain optimasi yang dilakukan di dalam website, baik itu pada template ataupun cara penulisan artikel. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan SEO On Page.

1. Meta Tag dan Title Tag Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung di blog adalah dengan menerapkan meta tag seo yang benar pada template blog. Untuk Title Tag tag sendiri adalah kata kunci pada judul blog anda.

2. Heading Postingan Heading yang dimaksud disini adalah H1, H2, H3 dan seterusnya, atau dengan kata lain Heading, Subheading dan Minor Heading. Penggunaan heading ini sangat penting untuk diterapkan dalam blog kita, agar terstruktur dan mudah diserapi oleh mesin pencari.

3. Penggunaan Title Text dan Alt Text pada Gambar Gambar merupakan hal penting yang harus diterapkan dalam setiap postingan blog kita, gambar yang ada dalam postingan juga berfungsi agar para pembaca dapat lebih memahami isi dalam artikel kita dan tentunya agar pembaca lebih betah untuk berlama-lama dalam artikel tersebut.

Perlu kalian ketahui bahwa pada gambar dalam postingan, kita harus menerapkan yang namanya properti title text dan alt text di dalamnya, title text dan alt text disini berfungsi untuk menanamkan kata kunci di dalam gambar, agar lebih mempermudah dalam proses pengindeksan.

4. Konten Artikel Konten artikel yang menarik dan berkualitas merupakan faktor nomor satu dalam rank kita di mesin pencari. Konten yang menarik, mudah dipahami dan nyaman dibaca merupakan salah satu faktor yang menentukan banyaknya pengunjung dalam blog atau website yang kita miliki.

5. Internal Link Internal link juga merupakan salah satu teknik dalam SEO On Page, dengan menambahkan internal link dalam artikel tentunya dapat mengurangi yang bounce rate. Penyisipan internal link dalam artikel itu sendiri harus relevan, sesuai dan berhubungan isi artikel yang sedang dibahas.

Itulah tadi beberapa beberapa cara optimasi SEO On Page yang harus kalian perhitungkan, dengan mempelajari dan menerapkan beberapa cara optimasi diatas, tentunya akan lebih memudahkan mesin pencari dalam pengindeksan blog dan page rank itu sendiri.

Pengertian SEO Off Page

SEO Off Page adalah optimasi atau strategi SEO yang dilakukan diluar website itu sendiri untuk mendapatkan banyak pengunjung blog yang lebih banyak. Biasanya sumber pengunjung yang didapatkan dari menerapkan SEO Off page ini bukan berasal dari google, melainkan dari situs-situs tertentu.

Berikut ini beberapa cara yang dilakukan untuk menerapkan SEO Off Page:

  1. Menyebarkan link artikel ke sosial media atau forum
  2. Melakukan blog walking (Biasanya dilakukan oleh sesama Blogger)
  3. Memang iklan untuk blog sendiri agar tampil di halaman pertama mesin pencari (Berbayar)

Manakah yang lebih penting? SEO On Page atau Off Page?

Keduanya sangat penting dan harus dijalankan secara seimbang, namun tidak boleh dilakukan secara berlebihan, terutama untuk SEO Off Page itu sendiri.

Demikianlah tadi perbedaan antara SEO On Page dan Off page yang wajib kalian ketahui, semoga beberapa penjelasan dari analisyuki.com dapat bermanfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar