Skip to main content

Penyebab Pengunjung Blog Menurun dan Cara Mengatasinya

Penyebab Pengunjung Blog Menurun dan Cara Mengatasinya

Penyebab Pengunjung Blog Menurun dan Cara Mengatasinya - Kali ini saya akan membagikan beberapa faktor yang menyebabkan trafik atau visitor pada blog tiba-tiba menjadi turun drastis dan bagaimana saja cara mengatasinya agar pengunjung blog kembali naik dan bertambah.

Banyak faktor yang menyebabkan blog tidak mengalami kenaikan pengunjung atau bahkan semakin hari visitor pada blog kita semakin menurun. Blog yang kita sudah bangun berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tiba menurun tanpa sebab yang jelas.

Turunnya page rank atau banyaknya artikel di dalam blog kita yang tidak mendapatkan page one di mesin pencari google merupakan faktor utama yang menyebabkan blog kita sulit untuk mendapatkan banyak pengunjung.

Beda halnya dulu dan sekarang, beberapa tahun yang lalu, kita sebagai pengguna WordPress atau Blogger untuk mendapatkan pengunjung organik sangatlah mudah, cukup membuat artikel yang begitu banyak, artikel yang banyak dicari atau bahkan artikel copas pun bisa mendapatkan pengunjung organik yang lumayan besar.

Namun, di tahun sekarang ini, 2018/2019 untuk mendapatkan visitor sangat sulit. Hal ini disebabkan karena google sendiri melakukan beberapa update, yang menyebabkan beberapa blog atau niche/topik mendapatkan penurunan pengunjung.

Tentunya hal ini disebabkan oleh adanya faktor internal dan eksternal. Nah Bagi kalian yang ingin mengetahui penyebab pengunjung blog kalian sepi pengunjung atau bahkan mengalami menurun secara drastis di tahun 2019, maka mari kita simak baik-baik faktor dan cara mengatasinya di bawah ini.

Penyebab Pengunjung/Visitor Blog Menurun Drastis

1. Perubahan Algoritma Google

Faktor utama yang menyebabkan pengunjung blog kita menjadi turun drastis di tahun 2019 ini adanya update algoritma terbaru pada mesin penelusuran google. Hal ini berdampak pada menurunnya jumlah pengunjung blog, namun ada juga yang mengalami kenaikan pengunjung.

Beberapa algoritma terbaru ini berfokus pada beberapa topi tertentu, kecepatan loading blog juga menjadi salah satu penentu page rank di google dan juga blog yang memiliki plagiat contents (copas) siap-siap tidak akan mengalami penurunan pengunjung secara drastis.

2. Artikel Copy Paste

Apakah blog kalian termasuk kedalam golongan artikel copas? jika iya, maka di tahun ini harusnya kamu tidak mendapatkan pengunjung organik lagi. Saya bilang seperti itu karena pada update algoritma yang sekarang ini juga berdampak pada artikel blog yang mengandung duplikat konten.

Artikel copas akan sulit terindeks oleh google, walaupun sudah tersindeks akan sangat sulit mendapatkan page rank pertama di mesin penelusuran.

Berdasarkan pengalaman dari teman sesama blogger yang membuat 200 artikel 70% copy paste, pada tahun 2018 pengunjung blognya begitu banyak sekitar seribu perhari, namun setelah update algoritma, ia tidak mendapatkan pengunjung sama sekali.

3. Artikel Musiman

Penurunan jumlah pengunjung blog kalian mungkin disebabkan karena kebanyakan artikel kalian berisi topik musiman. Yang dimaksud dengan topik musiman disini adalah artikel atau berita yang hanya trending pada saat itu saja, dapat kemungkinan besar pada bulan berikutnya tidak dicari lagi.

Topik musiman memang memiliki sedikit saingan di mesin penelusuran dan banyak yang cari, namun akan sepi pengunjung jika artikelnya sudah tidak dicari lagi (tidak trending). Jika memang artikel yang kalian buat memang adalah artikel musiman, sebaiknya selalu lakukan update setiap hari agar pengunjung blog kalian selalu meningkat.

4. Sering Gonta-Ganti Template Blog

Mengganti template blog kalian dengan yang lebih responsive dan seo friendly memang baik, namun jika kalian terlalu sering mengganti template blog kalian maka itu akan menjadi masalah untuk blog dan artikel kalian di dalamnya.

karena berdasarkan pengalaman saya sendiri atau bahkan blogger lain, keseringan mengganti template blog akan menyebabkan penurunan pada pengunjung/trafik blog. hal ini disebabkan karena google search console harus kembali melakukan crawl karena pergantian template blog kalian.

5. Optimasi SEO yang berlebihan

Untuk meningkatkan visitor dan rank terbaik blog di mesin penelusuran, blog kita setidaknya harus di optimasi, baik itu optimasi SEO On Page ataupun SEO Off Page. Kedua hal tersebut perlu diterapkan dalam blog kita untuk lebih meningkatkan banyak pengunjung.

Namun perlu kalian tau bahwa optimasi SEO Onpage dan Offpage yang berlebihan dapat berdampak buruk pada blog kita kedepannya. Optimasi yang dilakukan secara berlebihan akan menyebabkan penurunan pada trafik blog hingga akhirnya menyebabkan penalty google.

Cara Mengatasi Pengunjung/Visitor Blog Menurun Drastis

1. Mengetahui Algoritma Google Terbaru

Sebaiknya kalian tidak ketinggalan dengan update algoritma terbaru dari google, agar kalian tidak panik dan kaget jika blog kalian tidak-tiba mengalami kenaikan atau penurunan jumlah pengunjung. Misalnya kalian harus mengetahui bahwa salah satu yang menjadi blog kalian mendapatkan page rank utama bukan hanya konten yang berkualitas tetapi kecepatan blog dan lainnya.

2. Membuat Artikel yang Berkualitas

Buatlah konten yang menarik, bermutu, uniq, bebas dan lolos dari copy paste. Usahakan membuat artikel yang banyak di ari oleh orang lain namun memiliki sedikit saingan di mesin penelusuran.

3. Menggunakan Template Responsive dan SEO Friendly

Sebaiknya gunakanlah template premium, mudah diakses, fast loading dan mobile friendly, dan jangan terlalu sering menggonta-ganti template dan merenapkan SEO yang berlebihan.

Demikianlah tadi beberapa tips dari analisyuki.com tentang Penyebab Pengunjung Blog Menurun Cara Mengatasinya, semoga tutorial ini dapat memberikan manfaat untuk kalian semua, Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar