Skip to main content

Cara Mengatasi Duplikat Tanpa Ada Versi Kanonis Pilihan Pengguna

Cara mengatasi Duplikat Tanda Ada Versi Kanonis Pilihan Pengguna - Berikut ini saya akan membagikan salah satu pelanggaran yang sering terjadi pada google search console versi terbaru, yang salah satu contohnya adalah pada halaman yang dikecualikan dengan duplikat konten.

Jika kalian membuka Google Search Console Versi terbaru pada menu Liputan > Dikecualikan, Maka kalian akan mendapatkan detail peringatan tentang halaman-halaman yang dikecualikan tentang duplikat, tanpa ada versi kanonis pilihan pengguna.

Duplikat konten dengan versi kanonis (conical) ini disebabkan karena adanya 2 kali pengindeksan, yaitu pada URL asli da URL versi seluler.

Contoh link postingan asli:

https://www.yukichan.com/2019/04/ayam-goreng.html

Contoh Link versi seluler:

https://www.yukichan.com/2019/04/ayam-goreng.html?m=1

Lalu apakah dengan adanya peringatan tentang duplikat konten tersebut akan mempengaruhi pengindeksan dan penurunan pengunjung di blog kita? menurut saya jawabannya adalah tidak. Karena halaman asli yang ada pada blog kita masih terindeks dan hanya halaman versi seluler saja yang di blokir dikarenakan adanya link yang sama.

Cara Mengatasi Duplikat Tanpa Ada Versi Kanonis Pilihan Pengguna

Berikut saya akan mebagikan beberapa cara untuk mencegah terjadinya duplikat konten pada versi seluler ?m=1 tersebut

1. Hapus dan Ganti Kode Canonical

Pada menu Edit HTML blog anda hapus kode ini

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

Kemudian ganti dengan kode ini:

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

Cara diatas tersebut merupakan cara yang efektif untuk mengatasi duplikat konten versi seluler, saya sendiri pun lebih menyarankan untuk menggunakan diatas tersebut.

2. Solusi kedua: Ganti Template

Tahukah kamu bahwa template buatan mas sugeng (vio magz) menggunakan kode <b:include data='blog' name='all-head-content'/> pada template buatannya tersebut untuk menghindari adanya pelanggaran dengan duplikat dengan versi canonis tersebut. Sebenarnya banyak juga creator template yang menggunakan kode tersebut tinggal ada cari sendiri saja.

3. Solusi ketiga adalah pindah ke Wordpress

Jika anda tidak ingin adanya url ?m=1 pada alamat blog anda pindah saja di WordPress, maka untuk duplikat konten tersebut tidak akan muncul.

Perlu anda ketahui bahwa Duplikat Konten dengan Versi Kanonis tersebut bukan dikarenakan isi konten artikel anda yang duplikat, namun dikarenakan terdapat 2 pengindeksan pada url asli dan url versi mobile.

Lalu apakah dengan menggunakan cara tersebut halaman yang sebelumnya dengan versi kanonis akan hilang? jawabannya adalah tidak, hanya artikel yang baru anda buat saat itu saja yang tidak akan terdapat duplikat konten, sementara artikel lama yang menggunakan template dengan kode <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/> sebelumnya masih menjadi duplikat konten versi kanonis. Saya sendiri sudah menunggu berbulan-bulan tetap saja tidak hilang.

Namun seperti yang saya bilang tadi tidak perlu khawatir karena tidak akan menyebabkan viewer atau pengideksan di google akan hilang.

Cukup sekian saja tutorial Cara Mengatasi Duplikat Tanpa Ada Versi Kanonis Pilihan Pengguna pada halaman yang dikecualikan, semoga tips ini dapat bermanfaat, Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar