Skip to main content

Pengertian dan Perbedaan Antara SEO On Page dan SEO Off Page

Pengertian dan Perbedaan Antara SEO On Page dan SEO Off Page - Dalam melakukan pembuatan dan publikasi postingan blog, banyak yang tidak tau atau bahkan tidak menerapkan SEO On Page dan SEO Off Page, atau mungkin masih banyak yang tidak tau apa-apa tentang SEO.

Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan reputasi pada situs web untuk menjadi populer dan mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencari. Jadi jika banyak yang bertanya-tanya kepada pada situs blog/website anda tidak memiliki banyak pengunjung, mungkin dikarenakan anda belum menerapkan SEO.

SEO itu sendiri terbagi menjadi 2, yaitu On Page dan Off Page, oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan menjelaskan secara singkat pengertian, perbedaan dan macam-macam SEO On Page dan SEO Off Page yang harus kita ketahui.

Pengertian dan Perbedaan Antara SEO On Page dan SEO OFF Page

1. SEO On Page

SEO On Page adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengunjung pada artikel atau halaman blog yang kita miliki, atau dengan kata lain teknik ini digunakan untuk meningkatkan reputasi blog kita di mesin pencari (search engine). Jika ada yang  belum paham, Teknik SEO On Page ini bertujuan untuk meningkatkan visitor murni dari hasil mesin penelusuran google,bing atau yahoo. Untuk meningkatkan pengunjung blog dengan teknik ini, ada beberapa hal yang harus diterapkan pada blog anda:

  • Membuat artikel yang berkualitas/bermanfaat
  • Memiliki Template yang SEO Friendly
  • Membuat kecepatan loading blog yang baik
  • Judul dan isi artikel memiliki kata kunci yang sering dicari didalam mesin penelusuran
  • Menambahkan Tag Alt Text pada gambar postingan
  • Membuat Struktur URL yang Baik (Tautan Permanen)
  • Mempunyai template dengan Meta Tag yang benar

2. SEO Off Page

SEO Off Page adalah teknik yang dilakukan untuk meningkatkan pengunjung diluar website itu sendiri, yaitu dengan membagikan situs/artikel melalui media sosial ataupun backlink. Dengan kata lain untuk menarik pengunjung non orgnik, bukan dari hasil penelusuran orang lain di mesin pencari, melainkan menarik pengunjung dengan membagikan artikel yang kita miliki ke situs lain.

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk SEO Off Page ini:

  • Menanam backlink pada blog/website yang sudah memiliki sangat banyak pengunjung
  • Mempromosikan artikel ke media sosial
  • Membagikan artikel kita ke forum

Saya sendiri sebenarnya tidak menyarankan untuk menerapkan SEO Off Page di blog kita karena kadang dianggap sebagai spam atau kadang pula dapat membahayakan blog dan adsense kita sendiri. Saya sendiri lebih mengutamakan SEO On Page, dikarenakan menarik pengunjung organik dari hasil penelusuran itu lebih daripada mencari pengunjung non organik dengan resiko yang kadang tidak begitu menguntungkan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar