Skip to main content

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Template Blogger AMP

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Template Blogger AMP - Beberapa hari ini saya sangat tertarik untuk mempelajari tentang template dan postingan blogger AMP (Accelerated Mobile Pages), oleh karena itu saya akan membagikan tentang kekurangan dan kelebihan template blogger AMP yang telah saya pelajari tersebut.

Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah halaman yang dirancang untuk dimuat secara cepat dan instan untuk pengguna mobile (handphone). Jika di bandingkan dengan template blogger standar, tentu saja template AMP ini sangatlah cepat. Namun sebenarnya sudah banyak juga template non amp blogger yang kecepatannya hampir sama dengan template amp ini.

Dengan menggunakan Tema/Template AMP maka kecepatan blog dan artikel kita akan menjadi jauh lebih cepat dibandingkan sebelum menggunakan template non amp khususnya untuk pengguna mobile (seluler) karena sudah di minimalkan dari berbagai sisi HTML. Namun dibalik dibalik template blog yang super cepat tersebut terdapat kekurangan, kelebihan serta kerumitan dalam membuat artikel agar valid AMP. Oleh karena itu berikut saya akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan template blogger amp yang harus kalian ketahui.

Mengenal kelebihan dan Kekurangan Template Blogger AMP

Kelebihan Template Blogger AMP

  1. Memiliki Loading Halaman Blog yang Super Cepat : Halaman Blog anda akan jauh lebih cepat diakses (fast loading) pada perangkat mobile/seluler walaupun dengan jaringan yang buruk. Hal tersebut dikarenakan HTML AMP pada template blog terbatas dalam penggunaan element dan telah didukung dengan optimasi Cache AMP.
  2. Meningkatkan jumlah Pengunjung : Hal ini terbukti bahwa pengunjung yang berada di mesin pencari akan lebih cepat dan mudah untuk mengakses halaman dengan versi amp (khususnya pengguna smartphone), karena tidak perlu untuk waktu lama untuk membuka halaman tersebut.
  3. Meningkatkan Ranking di Mesin Pencari? : hal ini saya buat tanda tanya karena ada dari beberapa para pakar SEO yang mengatakan bahwa template AMP bukan menjadi salah satu penentu rank di mesin pencarian. Namun ada pula yang mengatakan bahwa halaman amp dapat menaikan rank di mesin pencarian, dikarenakan kecepatan blogger mempengaruhi peringkat di mesin pencari.
  4. Lebih mudah terindeks : Untuk pengindeksan di dalam mesin pencari menjadi lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu yang sangat lama.

Kekurangan Template Blogger AMP

  1. Susah/Repot dalam Membuat Artikel Agar Valid AMP : Beda dalam mengetik pada umumnya, saat kita membuat postingan disertai gambar pada menu Compose blogger, kita harus mengeditnya kembali pada menu HTML dan menghilangkan beberapa kode di dalamnya dan mengecek kembali pada tool amp untuk mengetahui apakah postingan blog kita sudah valid AMP atau belum.
  2. Penggunaan Element yang Terbatas : Terdapatnya batasan dalam menggunakan element pada template AMP, are ita tidak boleh menambahkan element sembarangan terutama javascript yang menyebabkan blog kita tidak akan valid amp lagi.
  3. Tidak Bisa Menggunakan Widget Sembarangan : Tidak seperti template blogger pada umumnya, kita tidak boleh sembarangan dalam memasang widget-widget tertentu khususnya widget pihak ketiga, karena perlu pengeditan terlebih dahulu agar tetap valid AMP.
  4. Penerapan AMP tidak Begitu Mudah : Beda halnya dengan Wordpress yang menggunakan plugin amp tanpa perlu mengutak-atik html lagi agar valid amp. Lain Halnya dengan blogger/blogspot kita harus mengutak-atik html, jadi sulit untuk para pemula seperti kita untuk belajar membuat postingan amp.

Itulah tadi beberapa keunggulan dan kelebihan template AMP yang saya ketahui, saya sendiri pun sebenarnya harus berpikir dua kali, apakah saya harus hijrah ke AMP dengan berbagai kesulitan yang saya harus dapatkan, Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar