Skip to main content

Cara Cek Artikel Copy Paste di Blog (COPAS/Duplikat)

Cara Cek Artikel Copy Paste di Blog (COPAS/Duplikat) - Sebelum mempublikasikan artikel yang saya ketik, terlebih dahulu saya mencek apakah artikel yang saya ketik ini tidak ada samanya dengan blog lain atau lolos copy paste. Bahkan kadang saya mencek apakah blog saya ini ada yang menyalin oleh orang lain atau tidak.

Entah mengapa kadang saya merasa artikel pada blog yang kita tulis sendiri dan bebas dari duplikat konten (UNIQUE) atau bebas dari kata plagiat lebih cepat terindeks di mesin pencari google, dari pada artikel dengan konten duplikat. Bahkan kadang hanya 1 sampai 2 hari artikel saya sudah terindeks di dalam mesin pencari google.

Mencek artikel blog biasanya dilakukan oleh penulis blog blogger, untuk melihat apakah artikelnya benar-benar 100% unique atau tidak. hal ini biasanya dilakukan agar blog kita tidak terlihat buruk di mata google atau para pembaca.

Saya sendiri sebagai seorang penulis di blogger, saya selalu mencek keoriginalan artikel saya sebelum saya mempublikasinya. Saya sendiri lebih suda menulis artikel yang 100 original, karena merasa ada kepuasan tersendiri bahkan untuk melatih saya dalam memperlancar kecepatan dalam mengetik, adapun mungkin beberapa hasil salinan kode-kode yang saya posting, sebelumnya saya sudah meminta izin kepada pemilik kode tersebut atau menulis sumbernya.

Tanpa basi basi berikut saya akan membagikan 3 situs penyedia cek artikel copy paste yang sering saya gunakan.

1. Smallseotools Plagiarism Checker

Smallseotools adalah salah satu tool yang paling sering digunakan oleh para blogger, saya sendiri pun sering menggunakan tool ini. tool ini digunakan untuk mencek tingkat plagiat dalam setiap kalimat yang kita tulis, Cukup dengan menyalin artikel yang sudah di tulis ke situs tersebut kemudian mencek tingkat plagiatnya. Perlu diketahui, di dalam situs tersebut kita hanya dapat menempatkan sampai 1000 kata, menurut saya itu sudah lumayan sekalian mencek jumlah kata yang kita tulis.

2. Copyscape

Situs ini biasa digunakan untuk mencek tingkat keunikan situs atau beberapa artikel yang kita miliki, selain itu juga jika situs kita terdeteksi copy paste, kita dapat pula melihat darimana sumber asli dari pemilik artikel tersebut.

3. Siteliner

Siteliner adalah website yang digunakan untuk mencek seberapa persen duplikat onten yang kita miliki dalam blog kita. Saya lebih duka menggunakan situs ini untuk melihat secara detail keseluruhan artikel yang saya miliki. Mulai dari halaman yang saya miliki, tingkat duplikat konten, mencek broken link yang ada dalam blog saya, konten umum, dan konten unik yang saya miliki.

Itulah 3 website yang saya biasa gunakan untuk melihat tingkat duplikat konten dalam suatu blog. Saran saya, buatlah konten yang unik atau original, selain bagus di mata pembaca, juga lebih mudah untuk diterima adsense. Jika ingin menyalin suatu konten sebaiknya minta izin terlebih dahulu pada pemilik blog, atau bisa mencantumkan sumber, Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar