Skip to main content

Cara Agar Artikel Blog Tidak Dapat di Copy Paste

Cara Agar Artikel Blog Tidak Dapat di Copy Paste - Di jaman sekarang ini artikel original yang kita miliki sering sekali di copas oleh orang yang tidak bertanggung jawab hanya untuk kepentingan blognya sendiri. Artikel yang sudah susah payah kita buat berjam-jam dengan begitu mudahnya di copas dan diletakkan di dalam blognya.

Kita sebagai blogger sudah susah payah membuat konten yang berkualitas agar di sukai banyak pembaca jadi begitu kesal karena maraknya blogger malas yang kerjanya hanya copy paste artikel orang lain, yang membuat lebih kesal lagi adalah artikel yang kita tulis selama bertahun-tahun semua semuanya disalin hanya dalam waktu beberapa menit saja, bahkan tanpa memasukkan sumber darimana artikel itu didapatkan.

Tidak sedikit yang mempermasalahkan hal tersebut, walaupun sudah di laporkan dan peringatkan tapi tetap saja tidak ada jerah-jerahnya. Seharusnya kita sebagai blogger yang baik harus bisa menghargai karya orang lain dan setidaknya jika ingin membuat artikel kita bisa menulisnya ulang dengan kata-kata anda sendiri, namun ada juga sebagian orang yang tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat kita lakukan agar artikel di dalam blog kita tidak dapat disalin oleh orang lain misalnya kita dapat melaporkannya kedalam DCMA. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membuatnya dengan menggunakan kode HTML. Jika ada yang bertanya, bagaimana dengan blogger tutorial yang menerapkan kode-kode di dalamnya?. Nah oleh karena itu saya akan membagikan kode di bawah ini, walaupun artikelnya tidak dapat di salin tapi kode, tag-tag, black quotes dapat disalin oleh para pembaca, contoh dapat dilihat pada blog saya ini. Tanpa berlama-lama lagi berikut kita akan bahas tutorial kode anti copas ini.

Tutorial Agar Artikel Blog Tidak Dapat di Salin dan Klik Kanan

1. Masuk ke dalam Blog anda > Pilih Tema > kemudian pilih Edit HTML

2. letakkan kode ini tepat berada di atas ]]></b:skin>

/* Anti Copas Blog */
.post-outer {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}
.post { -webkit-touch-callout:none; -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; -moz-user-select:none; }
.post blockquote,.post pre,.post code { -webkit-touch-callout:text; -webkit-user-select:text; -khtml-user-select:text; -ms-user-select:text; -moz-user-select:text; }
.post blockquote,.post pre,.post code,.post i,.post b{
-webkit-touch-callout:text;
-webkit-user-select:text;
-khtml-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-moz-user-select:text;
}

3. Jika sudah pilih Simpan Tema

Sebenarnya banyak anda juga bisa menggunakan kode css atau javascript lain, namun saya sarankan menggunakan kode di atas saja, karena sesuai dengan yang saya alami, kode tersebut cocok untuk semua jenis template blog dan aman untuk digunakan tanpa mengganggu pengunjung blog, khususnya pada blog tutorial.

Cukup sekian dari saya tutorial agar blog kita tidak dapat di copy paste, semoga artikel ini dapat sangat bermanfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar